Coming soon 2018

“Time is justice that judges those who are guilty. Anyone who is time consuming without doing something will obviously meet the time when judgment is made”.

By William Shakespeare.

        Tanpa terasa tahun 2017 akan ditinggalkan dan beranjak memasuki tahun 2018. Ada banyak harapan yang ingin dicapai di tahun 2017, namun setelah dievaluasi ternyata masih ada yang belum kesampaian. Akan tetapi bukan berarti harus berkecil hati. Dan, di tahun 2018 siapapun akan berharap tidak berakhir sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan dalam mewujudkan semua itu, namun setidaknya dengan melakukan sebuah usaha dan diiringi dengan doa, setidaknya kita dapat meminimalisir target yang kemungkinan tidak tercapai pada tahun sebelumya.

        Dalam hidup, tentu saja dibutuhkan sebuah perencanaan dan target pencapaian yang ditetapkan, dengan begitu membuat kita menjadi bersemangat untuk mewujudkannya. Seperti beberapa resolusi yang ingin saya capai di tahun 2018 ini, diantaranya:

  • Meningkatkan ibadah.

     Sebagai manusia yang memiliki banyak kekurangan, saya merasa belum sempurna dalam beribadah, masih terdapat kekurangan disana-sini. Sehingga, di tahun 2018 ini saya ingin lebih meningkatkan lagi ibadah saya. Terutama sholat tengah malam.

  • Lebih Produktif dan Aktif Menulis.

       Saya memulai bidang menulis sejak tahun 2015, berbagai pencapaian yang telah diperoleh, terlebih sahabat semakin bertambah, meskipun bersahabat di dunia maya. Ada berbagai pengalaman dan pendapatan yang bisa saya peroleh dari penyaluran hobi tersebut. Yang saya rasakan bukan semata dari hasilnya, akan tetapi lebih kepada perjuangan saya mencapainya, terutama perjuangan ketika menyelesaikan sebuah karya tulis itu sendiri. Yang terkadang harus berperang melawan deadline.

  • Memiliki rumah sendiri.

          Sejak tahun 2014 hingga sekarang (2017) saya dan suami masih mengontrak rumah di daerah Depok. Harga sewa rumah per bulan Rp. 800.000,- dan belum lagi kebutuhan listrik, dapur, serta kebutuhan lainnya, tentu saja butuh banyak biaya. Terpikir oleh saya untuk bisa mempunyai rumah sendiri selagi usia muda. Agar uang yang biasa saya keluarkan dari gaji suami untuk membayar kontrakan, bisa digunakan untuk persiapan masa depan dan pendidikan anak-anak saya nantinya. Aamiin. Terlebih ketika kebutuhan semakin lama semakin meningkat, tentu saja semuanya harus dipersiapkan sedini mungkin.

  • Mengembangkan usaha.

        Alhamdulillah, sudah setahun usaha toko pakaian berjalan, meskipun belum besar seperti di mall-mall dan toko online terkenal lainnya, namun saya sangat bersyukur karena selalu ditipkan rezeki melalui toko tersebut.  Tentu saja harapan kedepannya agar usaha semakin berkembang sehingga dapat membuka peluang usaha bagi mereka yang membutuhkan. Aamiin.

  • Melahirkan anak yang sehat dan kuat.

           Mengarungi bahtera rumah tangga, tentu saja yang diharapkan adalah memiliki keturunan. Namun, tidak semua pasangan suami-istri yang langsung diberikan setelah menikah, bahkan ada yang bertahun-tahun lamanya. Akan tetapi, terus berikhtiar dan berusaha, serta senantiasa mengkonsumsi suplemen agar tubuh tetap fit sepanjang hari.

         Setiap kita pasti punya harapan dan target yang ingin dicapai. Namun, untuk mencapai itu semua tentunya harus ada usaha serta diiringi dengan doa. Demi untuk mewujudkan resolusi yang telah dibuat, tentu saja harus diimbangi dengan beberapa tindakan.  Dan, tindakan berikut yang dapat dilakukan agar resolusi di tahun 2018, tidak mengalami hal yang sama seperti tahun 2017.

  • Menabung.

        Menabung dapat dibuat target perbulannya mau menabung berapa persen dari gaji bulanan ataupun mingguan (bagi yang digaji per minggu), dan tujuan menabung itu sendiri untuk apa. Sebab, jika sudah memilik target yang ingin dicapai tentu saja dapat membuat kita semangat untuk menabung. Meskipun tidak dalam jumlah yang begitu besar, namun menabung secara rutin lebih baik.

  • Rutin Berolahraga.

      Berolahraga merupakan salah satu cara agar badan selalu bugar, sebab jika badan sudah tidak bugar tentu saja tidak memiliki semangat untuk menjalani aktivitas seperti kerja, mengembangkan hobi maupun usaha dan lain sebagainya.

  • Makan makanan sehat dan bergizi.

        Makan adalah kebutuhan mutlak yang harus terpenuhi agar dapat menjalankan aktivitas, namun makanan yang dimakan pun tentu saja harus yang memiliki nilai gizi dan menyehatkan.

  • Minum multivitamin dan mineral secara rutin.

        Makan makanan yang sehat dan bergizi saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, dan tentu saja tubuh juga butuh vitamin dan mineral sebagai pendukung. Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh serta timbulnya berbagai penyakit. Dari berbagai penelitian menemukan adanya korelasi kekurangan Magnesium dan Zinc dalam tubuh dengan manifestasi alergi, infeksi serta penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Bila kebutuhan akan nutrisi, multivitamin dan mineral harian tidak tercukupi melalui makanan yang dikonsumsi setiap hari, kita butuh asupan lain yakni suplemen.

             Berbicara soal suplemen, sebenarnya saya belum pernah mengkonsumsi suplemen merek apapun. Karena menurut saya, makan saja sudah cukup, sehingga tak perlu mengkonsumsi suplemen lagi. Namun ternyata anggapan saya salah.

        Saya jadi teringat dengan apa yang saya alami beberapa bulan lalu. Selama kurang lebih tiga hari badan meriang, jika berdiri mata berkunang. Jangankan untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari, menelan makanan saja terasa pahit. Sehingga selama seminggu saya merasakan tubuh begitu lemah untuk melakukan rutinitas yang biasa saya lakukan setiap harinya. Yang akhirnya membuat semua pekerjaan terbengkalai, mulai dari pekerjaan rumah tangga, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Ketika berobat, usai memeriksa, dokter menyarankan saya agar memperbanyak minum air putih, selain itu  juga harus rutin mengkonsumsi suplemen. Sepulangnya dari berobat, saya kemudian menanyakan pada suami suplemen apa yang bagus dan HALAL. Berpikir cukup lama, barulah suami saya ingat dengan salah satu teman kerjanya yang pernah dirawat dan tak lama kemudian pulih, di mana proses pemulihan tersebut ia minum suplemen secara rutin, yakni Theragran–M. Dan suplemen tersebut kini senantiasa setia menemani.

         Theragran–M ini dibuat oleh PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk,  dibawah pengawasan Taisho Pharmaceurical Co., Ltd. Tokyo, Japan. Suplemen ini merupakan solusi asupan sumber lain yang sangat cocok untuk menjaga daya tahan tubuh. Suplemen yang sudah diresepkan oleh para dokter selama 40 tahun, yakni sejak tahun 1976. Kombinasi Multivitamin dan Mineral esensial yang terkandung di dalam Theragran–M telah terbukti meningkatkan, mengembalikan dan  menjaga daya tahan tubuh, serta menjadi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.

           Beberapa kandungan multivitamin dan mineral yang terdapat pada Theragran–M, diantaranya:

  • Vitamin A.

Vitamin A (Retinol) merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh manusia untuk menjaga fungsi normal sistem penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan sel serta organ tubuh, memelihara sistem reproduksi dan menjaga daya tahan tubuh.

  • Vitamin B.

* Vitamin B1 (Thiamin).

     Berperan sebagai koenzim dalam proses metabolisme serta memiliki fungsi penting pada sistem saraf. Gejala kekurangan Vit B1 yang paling umum adalah penyakit beri-beri maupun gangguan sistem saraf. Sedangkan gejala keracunan vitamin B1 hampir tidak pernah ditemukan sama sekali.

* Vitamin B2 (Riboflavin).

       Kekurangan Vitamin B2 berupa sakit tenggorokan, edema pada faring, keilosis, lesi pada sudut bibir, mulut maupun lidah, serta kondisi dermatitis.

* Vitamin B3 (Niacinamide).

     Kondisi kekurangan Vitamin B3 (Niacinamide) yang merupakan ko-substrat/ koenzim pada sejumlah proses metabolisme, ditandai dengan 3D yakni Dermatitis, Dementia dan Diare.

* Vitamin B5 (Pantothenate).

       Gejala utama kekurangan vitamin B5 adalah sindrom kaki terbakar (mati rasa), nyeri berkepanjangan, mood yang tidak stabil, insomnia, anemia, anoreksia, konstipasi, muntah, kontraksi otot dan kulit yang tidak normal (termasuk manifestasi jerawat).

* Vitamin B6 (Pyridoxine).

       Selain memiliki manfaat pada metabolisme tubuh, Vitamin ini juga berperan dalam pengaturan hormone steroid. Kekurangan vitamin B6 ditandai dengan gangguan sistem imunitas tubuh serta kelelahan.

* Vitamin B12 (Cyanocobalamin).

      Vitamin ini bersumber dari susu sapi, keju, daging, telur, serta produk hewani lainnya, sehingga para vegan (penganut pola makan vegetarian) memiliki faktor resiko besar mengalami defisiensi Vitamin B12 yang cenderung menimbulkan anemia dan proses degenerasi spinal.

  • Vitamin C.

       Vitamin C berperan penting dalam proses metabolism tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi, anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Vitamin C juga membantu pertumbuhan dan pemulihan tubuh.

  • Vitamin D.

       Fungsi utama dari vitamin D yaitu untuk mengembalikan kadar kalsium dan fosfat tubuh ke level normal, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan deformitas tulang seperti rakhitis pada anak-anak, nyeri pada tulang serta nyeri akibat kondisi yang disebut osteomalacia pada orang dewasa. Rendahnya tingkat vitamin D dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah, meingkatkan resiko kanker, pertumbuhan rambut yang buruk,  dan osteomalacia, kondisi otot dan tulang melemah.

  • Vitamin E.

         Vitamin E adalah vitamin larut lemak yang berperan penting sebagai antioksidan dari serangan radikal bebas. Kekurangan vitamin E ditandai dengan kerusakan pada sistem saraf dan otot.

  •  Mineral

Mineral terdiri dari:

* Magnesium.

Berperan dalam proses mineralisasi tulang, metabolism tubuh dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap serangan berbagai penyakit. Selain itu, kekurangan Magnesium juga dapat menyebabkan depresi.

* Zink.

Berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka serta membantu regulasi sel tubuh maupun sistem saraf. Kekurangan Zinc dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, gangguan seksual dan kematangan tulang, kebotakan, gangguan nafsu makan, serta meningkatkan  potensi terkena infeksi karena terganggunya sistem kekebalan tubuh.

* Zat Besi.

Berperan dalam membawa oksigen ke seluruh organ tubuh sehingga berperan dalam pembentukan energi di dalam sel tubuh serta pembuatan hemoglobin (darah). Kekurangan mineral ini akan menyebabkan kondisi mudah Lelah, stamina menurun, insomnia, serta anemia.

* Tembaga.

Berperan dalam proses metabolism, menjaga kesehatan kardiovaskular, saraf otot, tulang dan pembuluh darah. Kekurangan Tembaga dapat menyebabkan osteoporosis, nyeri sendi, anemia, masalah pada kulit dan rambut serta menurunnya kekebalan tubuh.

* Mangan.

Mineral alami dalam tubuh yang jumlahnya kecil, merupakan zat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, membantu penyerapan vitamin dan membantu fungsi hati. Kekurangan mineral Mangan dapat menyebabkan osteoporosis, terkena epilepsi, rambut dan kuku menjadi rapuh serta dermatitis.

  • Iodium.

Merupakan komponen penting pada hormone tiroid yang berperan dalam regulasi pertumbuhan serta aktivitas sel Iodium. Kekurangan Iodium pada masa kehamilan dapat memicu keguguran dan cacat bawaan.

Menjadi seorang istri tentu saja kesehatan harus senantiasa dijaga, dan jika sakit jangan kelamaan. Sekian resolusi saya di tahun 2018, Ada banyak keinginan yang telah dicacat, dan beberapa tips yang semoga dapat diterapkan.

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

Kategori: Blog

mbakelva

Seorang ibu rumah tangga yang ingin berbagi kebaikan melalui tulisan, ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya karena saya hanya manusia biasa yang bisa saja melakukan salah dan khilaf.

49 Comments

Mulyani · 30/12/2017 pada 10:41 pm

Ingin lancar dalam menulis, artikel
Ingin bisa berwiraswasta.

Anggraini Arda Sitepu · 31/12/2017 pada 1:56 am

Wah usaha juga ya Mba. Keren semoga resolusinya tercapai 🙂

Heripal Danindra · 31/12/2017 pada 5:19 am

Mau nyoba Theragran-M nya, kayanya cocok buat pekerja keras spt saya

    mbakelva · 01/01/2018 pada 7:30 am

    Cocok banget karena mengandung multivitamin dan mineral komplit

Nissa AMS · 31/12/2017 pada 1:22 pm

Semangatt mba elva.. semoga resolusinya di tahun 2018 nanti bisa tercapai semuanya… jangan lupa jaga kesehatan karena itu PENTING!

    mbakelva · 01/01/2018 pada 7:32 am

    Aamiin mbak. Iya mbak, kesehatan sangat penting banget

Rach Alida Bahaweres · 01/01/2018 pada 5:33 am

Ikut mendoakan semua keinginan baik mba ELva ya. Semoga keinginannya melahirkan anak sehat bisa dengan segera dikabulkan oleh Allah. Aamin

gita siwi · 01/01/2018 pada 7:16 am

Semoga tercapai resolusinya

Elly Nurul · 01/01/2018 pada 12:58 pm

Semoga semua harapan dan cita2 di tahun 2018 bisa terwujud ya mba.. semangat!

Nurul dwi larasati · 01/01/2018 pada 1:47 pm

Yesss aku setuju dengan resolusi kesehatan di tahun ini. Aku juga mau meluangkan waktu untuk olahraga, minimal lari lah ya.

    mbakelva · 01/01/2018 pada 4:19 pm

    Kalau saya olahraga biasanya jalan santai mbak, lari udah gak kuat 😀

Tetty Hermawati · 01/01/2018 pada 2:30 pm

Resolusi aku di tahun baru ini adalah memperbanyak ibadah sunnah, hidup lebih sehat, banyak olah raga, dan lebih sabar menghadapi anak2. Dan giat menabung juga buat bekal dan investasi, insya alloh.

    mbakelva · 01/01/2018 pada 4:20 pm

    Semoga terwujud ya mbak resolusinya

Dewi Nuryanti · 01/01/2018 pada 3:50 pm

Semoga semua keinginannya dikabulkanNYA ya Mba. Ikut mendoakan yg terbaik. Apapun yg didapat saat ini adalah yg terbaik. Tetap semangat ya Mbak

    mbakelva · 01/01/2018 pada 4:20 pm

    Aamiin. Makasih mbak doa2nya. Doa yang sama buat mbak Dewi

Ade UFi · 02/01/2018 pada 3:16 am

Semoga apa yg Mba Elva ingin kan tercapai. Mempunyai anak memang butuh stamina yang baik buat keduanya. Jadi theragran-M nya diminum berdua. Soalnya anak kan diproduksi berdua bukan sendiri.

    mbakelva · 03/01/2018 pada 10:00 am

    Aamiin mbak. Sip mbak, makasih masukannya

Shine · 02/01/2018 pada 5:24 am

Sama ni mba, aku pun konsumsi the theragran-M untuk multivitamin kesehatan. Semoga semua target terwujud ya mba dan Allah kabulkan doa serta harapannya, aamiin

Mira utami · 02/01/2018 pada 4:42 pm

Vitaminnya gak berlebihan yah dan memang dibutuhkan untuk orang yang aktif supaya aktif dan terus sehat. Jaga pikiran juga salah satu cara menjaga kesehatan

    mbakelva · 03/01/2018 pada 10:01 am

    Sip mbak, makasih atas sarannya.

April Hamsa · 02/01/2018 pada 11:17 pm

Aamiin mbak, semoga semua resolusinya tervcapai di tahun 2018 ini 😀
Theragranm ini emang vitamin bagus buat menjaga kesehatan ya mbak 🙂

Junita Susanti · 03/01/2018 pada 4:09 am

Wah.. banyak juga ya resolusi Mbak Elva di tahun 2018, semoga semuanya tercapai ya Mbak… jangan lupa minum vitamin dan makan makanan bergizi ya Mbak, supaya kuat dan semangat dalam mewujudkan mimpi-mimpi.. sukses selalu ya Mbak ^^

sunardi · 03/01/2018 pada 4:16 am

Baru tahu kalo ada suplemen Theragran-M…semoga kita sehat selalu ya mbk…

mbakelva · 03/01/2018 pada 10:05 am

Aamiin

fira firdaus · 03/01/2018 pada 2:06 pm

Semoga terwujud impian 2018nya mbak, dan semoga tetap sehat

lorenikooo · 03/01/2018 pada 2:07 pm

Cocok tuh mbak, kalau kebutuhan vitamin dan mineralnya tercukupi insya allah anaknya kuat dan sehat

zefy · 04/01/2018 pada 11:25 pm

Semangat mbak….

Semoga resolusinya tercapai, aamiin

Ika Pasca · 05/01/2018 pada 2:16 am

Semoga tercapai resolusinya ditahun ini mbak elva, aamiin

ayu wardani · 05/01/2018 pada 3:38 pm

semoga apa yg didoakan dan dirncanakan untk tahun 2018 ini terwujud ya Mbk.. aamiin.. 😊

Anindita Ayu · 06/01/2018 pada 10:05 am

Wah resolusinya banyak, semoga lekas terwujud semua targetnya mbak..

Intan N. Kamala Sari (@Inokari_) · 06/01/2018 pada 3:48 pm

Aamiin ya Allah. Semoga resolusinya segera terwujud, Mbak. 🙂

yayu arundina · 07/01/2018 pada 12:31 pm

Waah asyik nih sudah punya resolusi. Langkahnya pasti mantap di tahun ini. Mg sukses dg resolusinya dan jg toko bajunya 😍👍

Apura · 19/01/2018 pada 2:25 pm

Aku lagi sibuk dan lelah-lelahnya nih ngejar resolusi. Butuh suplemen kayaknya. Ini theragran boleh dicoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Blog

Madeline Beauty Center, Klinik Kecantikan Terbaik di Indonesia

        Menjadi wanita yang mulai menginjak usia kepala tiga, tentunya ada beberapa hal yang saya takutkan dan yang juga  ditakutkan wanita-wanita lain pada umumnya seperti kerutan, wajah berminyak, bahkan kusam. Sehingga tak Baca Selengkapnya…

Blog

Keseruan Ajang Silaturahmi Milad Ke-3 Blogger Muslimah

       Satu minggu sebelum tanggal 10 Desember 2017, saya mendapat informasi mengenai nama saya menjadi salah satu peserta yang terpilih, untuk mengikuti perayaan Milad Ke-3 Blogger Muslimah, sebuah komunitas yang terbentuk pada tanggal Baca Selengkapnya…

Blog

Kanker Serviks, Kenali Bahayanya dan Cegah Sedini Mungkin

Pernah mendengar “Kanker Serviks” atau punya teman bahkan keluarga yang mengidap kanker serviks? Jangan menunggu penyakit tersebut menyerang dan bersarang, baru melakukan pengecekan dan pengobatan.        Berbicara mengenai kanker serviks, tahun 2015 seorang Baca Selengkapnya…