Ayam dan Telur, Menu Sehat dan Mencerdaskan

Menjadi seorang istri, tentu saja kita dituntut agar memiliki planning dalam hal perencaan menu yang akan dimasak setiap harinya. Tentunya hal tersebut dilakukan agar anggota keluarga tidak merasa bosan dengan apa yang mereka makan. Dalam hal memilih menu yang akan dimasak, tentu saja harga murah menjadi prioritas utama, demi untuk menghemat pengeluaran. Namun, selain memilih harga murah, tentu saja kita harus memerhatikan kualitas menu yang akan kita olah tersebut. Diantaranya: memiliki nilai gizi, yang mencakup protein, vitamin dan lain sebagainya.

          Sebagai ibu rumah tangga, saya selalu menyetok daging ayam dan telur di rumah. Mengapa harus daging ayam dan telur?Sebab, selain murah, cara mengolahnya pun tidak memakan waktu lama. Untuk telur bisa langsung digoreng maupun direbus, sedangkan daging ayam bisa disimpan di freezer setelah dibersihkan, agar ketika ingin digunakan bisa langsung dimasak. Selain cara pengolahan yang praktis, daging ayam dan telur juga memiliki berbagai manfaat.

Manfaat Telur dan Daging Ayam

          Telur, merupakan salah satu sumber protein hewani yang bukan hanya menjadi makanan kesukaan penduduk negara kita, melainkan seluruh penduduk dunia juga menggemarinya. Dibandingkan dengan jenis makanan yang lain, terutama dalam hal nutrisi, telur disebut sebagai super food atau makanan super. Selain memiliki rasa yang enak, telur juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Bahkan binaragawan pun gemar mengonsumsi telur demi untuk membentuk tubuh mereka agar lebih baik (pembentukan otot).

          Ayam, merupakan unggas yang pada umumnya tidak dapat terbang, dapat dijinakkan dan dipelihara, berjengger, yang jantan berkokok dan bertaji, sedangkan yang betina berkotek. Daging ayam bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama sebagai bahan dasar pembangun dan perlindungan. Itulah kenapa sebaiknya kita rutin mengkonsumsinya. Daging ayam di pasaran dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu ayam ras dan ayam kampung. Kedua jenis ayam memiliki kandungan gizi yang sama bagusnya, akan tetapi ayam kampung diyakini lebih banyak berkhasiat dibanding ayam ras. 

          Meskipun sumber protein telur dan daging ayam terbilang sangat murah, akan tetapi sebagian masyarakat Indonesia belum menyadarinya. Banyak orang takut makan telur karena takut kolesterol, ada juga yang beranggapan bahwa telur penyebab bisul, dan daging ayam (broiler) bisa cepat besar karena disuntik hormon. Padahal, pada telur mengandung kolesterol baik sedangkan proses pertumbuhan pada ayam (broiler) berasal dari persilangan yang sesuai dengan ilmu genetika sehingga menghasilkan ayam dengan mutu genetik yang bagus.

          Banyak yang mengira bahwa rendahnya konsumsi masyarakat terhadap telur dan daging ayam semata-mata karena daya beli yang masih minim, namun jika dilihat dari beberapa fakta yang ada bisa disimpulkan bahwa konsumsi telur dan daging ayam yang rendah bukan semata-mata karena daya beli masyarakat melainkan karena pola belanja masyarakat yang tidak berorientasi prioritas pada kesehatan dan kecerdasan, serta kurangnya pemahaman dan kesadaran gizi  masyarakat. Demi mengatasi hal tersebut, tim Pinsar Indonesia (Perhimpunan Insan Perunggasan Indonesia), ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) dan didukung oleh asosiasi-asosiasi peternakan dan kesehatan hewan berinisiatif untuk melakukan edukasi ke masyarakat mengenai pentingnya telur dan daging ayam. Agar  masyarakat tahu dan menyadari pentingnya mengonsumsi daging ayam dan telur, serta kegiatan ini terus berjalan secara berkala, maka pada tahun 2011 Pinsar Indonesia mencanangkan Hari Ayam dan Telur Nasional.

Tentang Hari Ayam dan Telur Nasional

          Hari ayam dan telur Nasional atau HATN, acara HATN pertama kali dicanangkan tahun 2011 pada saat acara festival ayam dan telur oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono, MA  di Senayan Jakarta, 15 Oktober 2011. Sehingga sejak saat itu, setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Ayam dan Telur Nasional.

           World Egg Day (WED) dicanangkan di Wina Austria pada sebuah konferensi International Egg Commission (IEC) tahun 1996. IEC menetapkan bahwa Hari Telur Sedunia jatuh pada setiap minggu kedua bulan Oktober di hari Jumat. Dan, untuk tahun ini jatuh pada hari Jumat 13 Oktober 2017.

           Di Indonesia, peringatan WED mulai digagas Pinsar Indonesia sejak tahun Millenium yakni sekitar tahun 2000an. Kemudian pada tahun 2011 ditetapkan peringatan WED sekaligus dalam acara HATN. Acara HATN telah diakui sebagai bagian dari World Egg Day oleh International Egg Commision  sejak tahun 2016. 

         Atas inisiatif Pinsar Indonesia (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia,), ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) dan didukung oleh Asosiasi-asosasi peternakan dan kesehatan hewan, mulai tahun 2013 lalu acara HATN dan Hari Telur sedunia mulai dilakukan di luar kota. Jika pada tahun sebelumnya (2016), acara tersebut dilakukan di lapangan Murjani Banjarbaru, untuk tahun ini (2017) acara HATN dan WED akan dipusatkan di Lombok, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Acara HATN dan WED akan dilaksanakan bekerjasama dengan Lombok Post Group yang didukung oleh Pemda Provinsi NTB khususnya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB dan dinas terkait lainnya, serta Fakultas Peternakan Universitas Mataram (Unram), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB), komunitas peternak unggas, sejumlah lembaga dan komunitas lainnya.

Kesimpulan

          Dengan terselenggaranya acara Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) ini, diharapkan agar semua lapisan masyarakat dapat meningkatkan konsumsi ayam dan telur, sebab dengan mengonsumsi sepotong daging ayam dan sebutir telur sehari, tubuh kita akan lebih sehat dan cerdas. Karena selain harga terjangkau juga memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Selain itu, peternakan unggas semakin berkembang sehingga menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Sumber

  • pinsarindonesia.com
  • Googleimage
  • Infographic by Elva Susanti

mbakelva

Seorang ibu rumah tangga yang ingin berbagi kebaikan melalui tulisan, ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya karena saya hanya manusia biasa yang bisa saja melakukan salah dan khilaf.

30 Comments

Dyah Trisna · 26/09/2017 pada 11:02 am

wah bermanfaat sekali mba, buat diet cocok nih telur rebusnya heheh

    mbakelva · 27/09/2017 pada 5:48 am

    Iya mbak, utk diet sehat dan mencerdaskan

Aang verianto · 27/09/2017 pada 2:59 pm

Suka sekali dengan telur ketimbang ayamnya

Nur Azizah · 27/09/2017 pada 3:09 pm

Lengkap banget mba penjelasannya
Makasih ya infonya

    mbakelva · 28/09/2017 pada 11:59 am

    Sama-sama mbak, semoga infonya bermanfaat ya 🙂

Heripal Danindra · 27/09/2017 pada 4:33 pm

Harus punya stok di rumah kl gitu

    mbakelva · 28/09/2017 pada 12:00 pm

    Harus itu karena selain praktis juga banyak manfaat yang diperoleh

Hastira · 27/09/2017 pada 7:35 pm

aku dari kecil selalus aarpan telur jadi selalu suka dengan olahan telur, mudah dibuat, kalau malas tinggal bikin ceplok

    mbakelva · 28/09/2017 pada 12:01 pm

    Iya mbak, saya pun suka banget apalagi kalau telur diasinin

Zefy · 28/09/2017 pada 2:28 am

Hayuk makan telur, aku suka banget lho mbak dg telur ayam, ga pernah bosan

    mbakelva · 28/09/2017 pada 12:01 pm

    Sama mbak, saya juga sangat suka makan telur, tapi ayam juga suka nyetok sih di rumah

Mira Kaizen · 28/09/2017 pada 2:28 am

Mbk elva, gimana ya membedakan daging ayam yg baik dgn daging ayam yg tdk baik?. Soalny aku doyan ayam, tp sering khwtir Secara kan sekarang banyak banget suntikan2 yg diberikan kepada ayam.

    mbakelva · 28/09/2017 pada 12:05 pm

    Kalau daari segi aroma, aromanya lebih khas daging ayam mbak. Warna dagingnya putih crem kemerahan, daging tidak memar, dll.

ciungtips · 28/09/2017 pada 3:43 am

baru tau saya ada hari ayam dan telur, luar biasa share nya mbak

    mbakelva · 28/09/2017 pada 12:08 pm

    Iya mbak, sudah ada hari ayam dan telur. Semoga bermanfaat ya infonya

herva yulyanti · 28/09/2017 pada 1:10 pm

makasi mb ini lengkap aku di rumah juga sll nyetock telur minimal ada seperapat krn emang biasa masak jg campur telur gitu 😂 dan ayam sendiri tiap minggu beli krn favorit akang suami tiada minggu terlewati ayam mba

    mbakelva · 29/09/2017 pada 2:31 pm

    Waaah mantapnya selalu nyetok telur dan daging ayam, insyaa Allah keluarganya akan sehat dan cerdas mbak

PHADLI Hasyim HARAHAP · 30/09/2017 pada 2:40 am

asal makan telornya enggak kebanyakan. anak saya pernah kena alergi telor keseringan makannya.

    mbakelva · 01/10/2017 pada 4:51 am

    Iya mbak, Terkadang memang ada anak2 ataupun dewasa yang aleri sama telor, yg penting jgn terlalu kebanyakan, sebutir sehari itu sudah cukup.

elya oktami · 30/09/2017 pada 3:35 am

makasih yuk tips sehatnyo

Anindita Ayu · 30/09/2017 pada 9:52 am

Akhirnya read more nya berfungsi ya mbak..
Btw, artikelnya lengkap banget nih mbak.. ^^

    mbakelva · 01/10/2017 pada 4:52 am

    Alhamdulillah mbak. Makasih ya dan semoga bermanfaat

Evrinasp · 01/10/2017 pada 3:54 am

Daging ayam dan telur bergizi, keduanya suka banget enak buat makanan sehari2

    mbakelva · 01/10/2017 pada 4:53 am

    Iya mbak, cara mengolahnya pun gampang jadi pas banget utk dijadikan makanan sehari-hari

Anggraini Arda Sitepu · 01/10/2017 pada 2:45 pm

Huaa, keren Mba.. Apalagi saya doyan banget sama daging ayam dan telurnya hihi. Good luck ya Mba..

antung apriana · 09/10/2017 pada 12:50 am

ayam termasuk menu yang selalu ada setiap minggu di keluarga saya, mbak. kalau telur saya doyan makan putihnya aja. heu

mbakelva · 16/10/2017 pada 5:03 am

Terima kasih kepada tim Pinsar, dewan juri dan segenap panitia maupun sponsor yang telah menyelenggarakan lomba blog HATN, semoga dengan adanya acara seperti ini masyarakat lebih sadar akan pentingnya mengkonsumsi daging ayam dan telur

Pengumuman Pemenang Kompetisi Blog HATN 2017 » Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia · 15/10/2017 pada 2:06 pm

[…] Juara 3. Elva Susanti dengan alamat artikel  http://www.mbakelva.com/khasiat-ayam-dan-telur-yang-belum-banyak-diketahui/ […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Blog

SOBATKU, Tabungan Online Berhadiah Milyaran

Di era serba digital sekarang ini sudah tak ada yang tak mungkin, semuanya dapat dilakukan cukup dengan “Klik” saja, yakni melalui online. Ada banyak aplikasi online yang menawarkan segala macam kemudahan, seperti misalnya shopping online, belajar Baca Selengkapnya…

Blog

Daikin Inverter, Solusi AC Hemat Harga Bersahabat

Ruangan terasa panas merupakan sesuatu  yang lumrah terjadi pada daerah beriklim tropis, salah satunya seperti di Indonesia. Negara yang beriklim tropis ditambah dengan efek global warming membuat perubahan iklim terasa ekstrim. Udara panas menjadi sesuatu Baca Selengkapnya…

Blog

Idphotobook, Mengabadikan Kenangan Semudah Chattingan

“Duh, padahal di handphone semua foto hasil jepretan bagus!  Kok ketika dicetak hasilnya pecah, buram, warnanya juga aneh kaya penampakan :(!” “Rempong ya, mau cetak foto aja ribet, belum lagi macet gak ada ojek. Tiba Baca Selengkapnya…